Friday, May 18, 2012

3 Langkah jitu menjadi pemimpin yang baik


Menjadi atasan bukan berarti Anda adalah pemimpin yang baik. Jika Anda cukup bijaksana, coba tanyakan kepada pegawai Anda apakah selama ini Anda telah berhasil menjadi pemimpin yang baik bagi mereka. Jangan putus asa jika para pegawai ternyata menjawab pertanyaan Anda dengan kata, "Belum."
Ritch K. Eich, pemilik perusahaan pemasaran dan komunikasi yang berbasis kepemimpinan California, Eich Associated, akan membagikan tiga langkah jitu yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang pemimpin yang lebih baik seperti yang dikutip dari Business News Daily (11/04) berikut ini.

Orang yang tepat
Pemimpin yang baik bertindak bijaksana dengan bergaul dengan orang-orang yang pintar, berbakat, dan fleksibel. Temukan orang yang tepat dan memiliki visi yang sama untuk dijadikan pemimpin yang baik. 

Punya tujuan jelas
Punya tujuan atau pandangan ke depan dengan jelas adalah salah selanjutnya untuk menjadi pemimpin yang baik. Mantan dari presiden University of Notre Dame pun pernah berkata, "Inti dari kepemimpinan adalah Anda harus memiliki visi. Anda tidak dapat meniup sebuah terompet yang tidak pasti." 

Bersifat rendah hati
Pemimpin sejati bersifat rendah  hati dan tidak ragu menunjukkan perhatian yang tulus kepada karyawannya. Selain itu, pemimpin yang baik akan membuat para pegawainya memiliki rasa diinginkan, penting, dan berharga. 
Apakah Anda sudah melakukan ketiga langkah tersebut di atas untuk menjadi pemimpin yang lebih baik? 

No comments:

Post a Comment